Mengenal Transmisi Otomatis

Mengenal Transmisi Otomatis



Transmisi memakai roda gigi-roda gigi (gears) dari rasio rendah ke tinggi untuk mengoptimalkan torsi mesin sesuai sama pergantian yang berlangsung ketika berkendara. Ada dua jenis transmisi yakni manual serta automatis. Pada transmisi manual yang dipakai yaitu kopling serta lock unlock beragam jenis set gear untuk memperoleh rasio gigi yang tidak sama. Transmisi automatis memakai torque converter serta planetary gears (roda gigi satelit) yang bisa bikin satu set gear membuahkan rasio gigi yang tidak sama.
Transmisi automatis mempunyai sebagian kelebihan diantaranya :

Bikin anda nyaman berkendara di kemacetan lantaran tak dibutuhkan perubahan gigi dengan cara manual dengan memakai tuas transmisi serta mencapai kopling.
Jika dirawat dengan baik, bisa mempunyai usia yang panjang.
Condong less maintenance (tak membutuhkan perawatan) terkecuali ubah oli serta filter nya.
Jika dalam situasi sempurna, jadi anda akan tidak rasakan perpindahan dari gigi rendah ke gigi tinggi serta demikian sebaliknya.

Adapun kelemahannya yaitu :

Jika aki soak, jadi kendaraan tidak bisa didorong untuk jump start.
Jika rusak jadi pergantiannya bakal mengonsumsi cost yang besar.
Ketika jalan alami penurunan, mobil tak mempunyai engine brake, di mana mesin tak turut menolong pengereman mobil.

Nah, saat ini sesudah kita tahu apakah itu transmisi automatis, tahu keunggulan serta kekurangan nya, bagaimanakah kita melindungi transmisi itu supaya awet, serta seawet usia kendaraan kita?

Sebisa mungkin saja janganlah pakai mobil bertransmisi automatis untuk menarik kendaraan, jika sangat terpaksa, pakai gigi rendah yang dipunyai oleh mobil itu.
Kerjakan pergantian oli transmisi dengan teratur.
Jika kendaraan ditarik, jadi salah satu sumbu roda yang berpenggerak mesti diangkat (misal ; menarik mobil penggerak depan jadi sisi depan diangkat). Hal semacam ini dikerjakan untuk menghindar putaran roda memengaruhi kerja transmisi yg tidak mempunyai pelumasan yang baik.
Di tanjakan, anda janganlah menahan transmisi di D serta mencapai gas 1/2 untuk menjaga supaya mobil tak turun, namun pakai rem serta geser transmisi ke N (Neutral).
Jika kendaraan di kemacetan berhenti kian lebih 15 detik, pindahkan tuas ke N (Neutral).
Janganlah mencapai gas terlebih dulu baru memindahkan tuas ke D atau R, baiknya mobil dalam situasi rpm idle baru tuas dipindahkan.

0 Response to "Mengenal Transmisi Otomatis"

Posting Komentar

wdcfawqafwef